Rabu, 01 Agustus 2012

Konsep kebijakan perdagangan internasional
Perdagangan internasional merupakan media suatu negara untuk memperdagangkan komoditasnya agar diterima masyarakat negara lain dan juga untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut, suatu negara akan membuat berbagai kebijakan perdagangan internasional.

Dalam pelaksanaan perdagangan internasional harus diatur dengan kebijakan-kebijakan mengingat dampaknya terhadap perekonomian suatu negara.

Tujuan kebijakan perdagangan internasional
Kebijakan perdagangan internasional dibuat dengan tujuan sebagai berikut:
a. Memperlancar kegiatan perdagangan internasional.
b. Mendorong terciptanya harga yang layak dalam persaingan usaha.
c. Meningkatkan kegiatan ekspor.
d. Memperluas lapangan kerja guna mengurangi tingkat pengangguran.
e. Meningkatkan pendapatan masyarakat secara merata.
f. Menjaga kestabilan ekonomi dalam negeri guna mewujudkan upaya peningkatan efisiensi produksi.

Sasaran kebijakan perdagangan internasional
Untuk mewujudkan tujuan kebijakan perdagangan internasional, pemerintah berupaya menentukan sasaran dan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Meningkatkan transparansi di pasar.
b. Meningkatkan sarana dan prasarana yang dapat mendukung kegiatan perdagangan.
c. Menciptakan usaha perdagangan yang sehat guna melindungi kepentingan konsumen.
d. Meningkatkan peranan koperasi dan UKM guna menambah produktivitasnya.
e. Memantapkan pasar dalam negeri sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.
f. Mendorong penggunaan produk dalam negeri dengan meningkatkan kualitas produknya.
g. Mengendalikan impor barang-barang mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar